Rabu, 02 Februari 2011

2.000 Beasiswa Unggulan Telah Menunggu



Setidaknya 2.000 calon mahasiswa unggulan dari seluruh Indonesia ditargetkan menerima beasiswa dari Program Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2011. Apakah Anda akan menjadi salah satunya?

Program beasiswa yang sudah dijalankan oleh Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) sejak 2006 lalu itu ditujukan untuk calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang Strata 1 (S-1) sampai Strata 3 (S-3). Selain itu, kerja sama juga akan dilakukan dengan berbagai pihak agar dapat menjaring jumlah penerima beasiswa yang lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Target 2011 yaitu sekitar 2.000 mahasiswa untuk mahasiswa baru, tapi melalui pola kerja sama dengan pihak lain memungkinkan sampai 2.500 mahasiswa jenjang S-1 sampai S-3. Adapun, 5 sampai 10 persen dari total keseluruhan jumlah itu ditujukan untuk pelamar yang akan melanjutkan studinya ke luar negeri. Hanya, penerima Program Beasiswa Unggulan sampai saat ini masih berpusat di wilayah Pulau Jawa kendatipun sudah ada yang berasal dari luar Jawa seperti Ambon, Aceh, dan Kalimantan.

Hambatan yang dihadapi dalam penjaringan mahasiswa di luar Pulau Jawa adalah soal persyaratan. Ada syarat IPK, TOEFL, atau kejuaraan, dan itu yang jarang sekali dipunyai oleh mahasiswa dari luar Jawa.

Namun demikian, usaha untuk mengundang lebih banyak mahasiswa dari luar Pulau Jawa, termasuk mahasiswa dari Indonesia bagian Timur tetap dilakukan. Dikti Kemdiknas akan bekerja sama dengan pihak-pihak ketiga. Artinya, pihak swasta yang nanti akan ditujukan ke mahasiswa yang ada di Indonesia bagian Timur seperti di Papua, NTT, Sulawesi, dan Maluku.

Sebagai catatan, untuk mencapai target 2.000 sampai 2.500 mahasiswa baru tersebut sudah disiapkan anggaran sebesar Rp 127 Miliar. Hal itu agar ada kesempatan yang semakin luas bagi orang-orang yang memiliki prestasi unggul untuk bisa kuliah di dalam maupun luar negeri.
Selebihnya, diharapkan para alumni penerima beasiswa nantinya dapat membentuk jejaring. Dengan demikian, diharapkan dapat terjadi upaya saling tukar informasi, baik skil maupun pengalaman selama mendapatkan beasiswa unggulan tersebut.

disadur dari : http://edukasi.kompas.com/read/2011/01/29/13271413/2.000.Beasiswa.Unggulan.Telah.Menunggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar