Rabu, 02 Februari 2011

Pendidikan Dasar Gratis Bermutu Butuh Waktu



Kabupaten Jembrana yang terletak di provinsi Bali telah menjadi perhatian masyarakat atas keberhasilannya memberikan pelayanan publik, khususnya di bidang pendidikan. kKebijakan tersebut antara lain, pembebasan SPP untuk siswa SMA dan SMK, pemberian beasiswa di sekolah swasta, dan wajib belajar (WAJAR) 12 tahun.

Kepala Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Dediknas Prof. Dr. Ir. Nadjadji Anwar mengatakan, untuk menggratiskan pendidikan yang berkualitas sesuai standar nasional pendidikan membutuhkan waktu.

Pada tahun 2007, misalnya, pernah ada penelitian Studi Inventarisasi Sumber Daya Pendidikan. Penelitian tersebut membandingkan kondisi faktual dan ideal sekolah berdasarkan standar nasional pendidikan. Nyatanya, baru ada 35 persen sekolah yang sudah sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberikan pemerintah masih belum cukup memadai memang untuk membiayai sekolah yang sesuai dengan standar nasional pendidikan. Selain itu, masih banyak pula penyelewengan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam penyaluran dana BOS tersebut. Pemerintah masih harus menyusun semacam pedoman standar pembiayaan pendidikan untuk memudahkan penghitungan tersebut.



Peran pemerintah, khususnya pemerintah daerah, masih sangat diperlukan untuk menutupi kekurangan tersebut. Beberapa daerah seperti DKI Jakarta, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan, masyarakatnya sudah menunjukkan rasa kepedulian yang cukup tinggi terhadap daerahnya sendiri, sehingga pendidikan gratis di daerah tersebut berangsur-angsur sudah mulai terwujud. Pendidikan dasar gratis sangat tergantung dengan komitmen pemerintah, kemampuan anggaranm dan standar pelayanan minimal. Kita sebagai masyarakat juga tidak boleh menutup mata akan hal ini. Kita juga harus ikut mendukung perwujudan program pendidikan dasar gratis ini, karena hal ini juga demi masa depan generasi penerus bangsa kita.

disadur dari : 
http://edukasi.kompas.com/read/2009/07/21/22105296/Pendidikan.Dasar.Gratis.Bermutu.Butuh.Waktu.  pada 13 Februari 2011 : 21.11 (dengan sedikit gubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar