Rabu, 02 Februari 2011

Menghadapi Ujian Nasional

Ujian Nasional sudah di depan mata.  Sebagian orang masih menganggap UN sebagai sesuatu yang menakutkan. Namun, suka ataupun tidak suka, kita harus tetap siap untuk menghadapinya. Tips berikut ini mungkin bisa menjadi masukan untuk Anda yang akan menghadapi Ujian Nasional

PRA UJIAN NASIONAL


Yang pertama, disiplinlah dalam membagi waktu. Kurangilah jam yang biasa Anda gunakan untuk bermain ataupun melakukan sesuatu yang hanya membuang-buang waktu Anda. Misalnya, buatlah target minimal belajar 2 jam sehari di rumah, atau minimal mengerjakan 50 soal setiap harinya.
Tips kedua, kita harus banyak latihan soal. Sisihkanlah sedikit uang jajan Anda untuk membeli buku kumpulan soal UN. Setelah dibeli tentunya harus dibaca dan dipelajari dong jangan disimpen aja di rak buku :)
Pelajarilah kembali materi-materi yang sulit bagi Anda. Jika ada yang tidak dimengerti, bukalah kembali buku-buku Anda waktu kelas 1 atau 2, atau tanyakan kepada guru Anda di sekolah, guru les, teman Anda yang pintar, dan siapa saja yang paham tentang materi tersebut.
Perbanyaklah latihan soal, dengan banyak latihan soal membuat kita lebih ngerti tentang materi tsb, bahkan dengan banyak latihan berbagai tipe soal bisa bikin kita lebih cepet ngerjain soal.

Yang ketiga, jagalah kondisi tubuh kita. Jangan gara-gara kebanyakan belajar sampe begadang semaleman, kita jadi lupa makan. Gak mau kan pas hari H Ujian Nasional kita malah sakit ? Makanya, kita harus rajin belajar, tapi kesehatan juga harus diperhatiin. Minumlah vitamin, makan buah-buahan. Jangan lupa sarapan sebelum berangkat sekolah.

Dan yang tidak kalah pentingnya berdoa baik setiap sebelum dan sesudah belajar, bila kondisi memungkinkan lakukanlah shalat tahajud atau bernazar bagi yang muslim, memohon kepada sang khalik agar diberi kekuatan untuk dapat menempuh ujian dengan baik dan mencapai prestasi terbaik.

HARI H UJIAN NASIONAL


Sebelum berangkat ke tempat pelaksanaan UN, pastikanlah semua alat tulis yang kita butuhkan untuk mengerjakan soal ujian sudah tersedia di tas kita. Nanti pas ujian gak ada lagi pinjem-pinjeman pensil atau penghapus, selain ngeganggu orang, bikin kita gak konsen juga ngerjain soal.

Tenang dan percaya dirilah. Yakinlah pada diri  kita sendiri, kita kan udah belajar bener-bener, pasti bisa dong ngerjain semua soal ujian dengan baik. Berangkatlah ke tempat pelaksanaan ujian dengan mantap dan penuh percaya diri.

Sebelum ngerjain soal ujian, berdoa dulu, minta supaya kita diberi kelancaran dalam mengerjakan soal-soal itu. Mulailah dengan menjawab pertanyaan yang mudah, jangan terfokus di 1 soal yang susah karena itu bakal ngabisin waktu, kalo ada yang susah lewatin aja dulu.



Kalo semua pertanyaan udah selesai dijawab, periksa kembali jawaban kita. Tahanlah keinginan untuk segera keluar kelas cepat-cepat cuma karena pengen dadah-dadah dari jendela untuk ngiri-ngiriin teman kita biar cepat keluar kelas. Sisihkanlah waktu kita untuk memeriksa ulang jawaban. Pengisian LJK yang salah akan ngerugiin kita loh.


Sumber : http://alexzra.blogspot.com/2010/05/tips-saat-ujian-nasional.html pada 13 Februari 2011 : 21.11(dengan sedikit gubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar